Cara Manjur Agar Lovebird Birahi dan Cepat Kawin

Kebanyakan peternak lovebird pemula berfikir, cara membuat burung lovebird birahi dan cepat kawin adalah hal yang mudah.
.. Tinggal masukan saja sepasang lovebird disebuah kandang. Nanti juga akan kawin dengan sendirinya ..
Tapi tunggu dulu..
Pernyataan diatas BELUM 100% BENAR

cara agar lovebird cepat kawin dan birahi
Cara Agar LoveBird Cepat Kawin
Menurut beberapa peternak ternama, untuk meningkatkan birahi burung lovebird agar mau kawin, memerlukan cara khusus dalam perawatannya yang sudah terjamin keberhasilannya 95%.
Untuk membahas hal tersebut, kami telah mengumpulkan informasi dari beberapa sumber terpercaya tentang cara membuat burung lovebird cepat kawin dan bertelur.
Apabila kalian ingin berhasil mengawikan lovebird secara cepat, maka simak dengan baik dan teliti artikel yang kami buat berikut ini.

Hal-hal yang Membuat Lovebird Birahi dan Cepat Kawin

Tidak sedikit dari peternak pemula, pasti menginginkan keberhasilan dalam bisnis ternak lovebird yang ia jalani dan mendapat keuntungan yang besar dari usaha tersebut.
Tapi sayangnya.. masih banyak yang salah dalam cara penerapan / perawatan yang dilakukan. Akibatnya lovebird tak kunjung kawin dan bertelur.
Masalah ini sering kali terjadi pada peternak pemula. Namun, kalian tak perlu khawatir..
Sebab, kami akan membeberkan rahasia peternak lovebird berpengalaman, tentang cara membuat burung lovebird birahi dan mempercepat proses perkawinan. 

1. PERJODOHAN

Menjodohkan lovebird adalah kunci utama jika kalian hendak membudidayakannya.
Sama halnya seperti manusia .. lovebird tidak akan langsung cocok dengan pasangannya pada awal pertemuan.
Baru tau.?
Perlu pendekatan secara khusus untuk menjodohkan burung lovebird.. Jika penerapannya salah, bisa jadi lovebird jantan dan betina akan bertengkar dan sulit untuk dijodohkan.
cara menjodohkan lovebird agar cepat kawin
cara menjodohkan lovebird | pikiran-rakyat.com
Berikut ini langkah-langkah menjodohkan sepasang lovebird yang bisa kalian lakukan:
  1. Usahakan pilih betina dengan warna yang sama.
  2. Pisahkan jantan dan betina dikandang yang berbeda.
  3. Gantung dan tempelkan kandang betina dan pejantan dilokasi sepi.
  4. Amati tingkah laku sepasang lovebird tersebut selama 1-2 jam.
  5. Apabila kedua lovebird saling mendekat, tandanya mereka berjodoh.

2. FAKTOR KANDANG/GLODOK YANG NYAMAN

Selanjutnya, yang harus kalian perhatika ialah kenyamanan kandang/glodok tempat lovebird berproduksi.
Faktor ini amat penting..
Jika kondisi kandang/glodog tidak nyaman, bisa dipastikan pasangan lovebird pun nggan untuk kawin, apalagi bertelur.
Untuk itu, sebelum kalian membudidayakan burung lovebird, hendaknya buat dulu kandang senyaman mungkin agar proses kawin dan bertelur akan berjalan dengan lancar.
kandang lovebird untuk kawin
Kandang Lovebird | blibli.com
Berikut Contoh Gambar Glodok LoveBird: 
glodok lovebird sederhana
blibli.com
Perlu diperhatikan juga, kalian harus menyiapkan beberapa tumpukan jerami kering, berfungsi sebagai sarang yang hangat untuk bertelur.
Nah.. Ciri burung lovebird yang merasa nyaman pada glodoknya akan sering terlihat keluar masuk ke sarangnya tersebut.

3. FAKTOR MAKANAN

Berikutnya proses menentukan jenis makanan untuk lovebird penambah birahi agar cepat kawin.
Seperti yang kita ketahui, memilih makanan untuk burung lovebird tak hanya berguna untuk pertumbuhan dan kesehatannya saja.
makanan lovebird agar cepat kawin
Makanan Lovebird | suara.com
Jika kalian bertujuan ingin membudidayakan burung lovebird, mestinya harus sudah tau jenis makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan produktifitas burung lovebird tersebut.
Kalian gak usah bingung..
Sebab kami akan memberikan 3 jenis pakan lovebird yang mampu meningkatkan birahi dan bagus untuk produktifitas telur. 

1. Tulang Sotong

Tentunya kalian sudah mengetahui binatang sotong kan? Nah, binatang yang mirip dengan cumi-cumi ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk burung lovebird.
Pada bagian cangkang/tulang sotong mengandung mineral, kalsium dan iodium yang berperan merangsang birahi lovebird.
Terlebih lagi, apabila tulang sotong ini dikonsumsi oleh indukan lovebird yang sedang bertelur. Kandungan kalsiumnya membantu pembentukan cangkang telur, sehingga telur yang dihasilkan berkualitas dan tidak mudah pecah.

2. Jagung Muda

Burung lovebird dikenal sebagai pemakan biji-bijian, dan salah satu yang lovebird sukai adalah jagung muda.
Kandungan nutrisi seperti protein, kalsium, vitamin A,C,B12,B15 dinilai seimbang dan aman untuk burung lovebird. Selain itu, jagung juga mengandung karbohidrat dan sedikit kandungan gula yang mampu menghindari ancaman obesitas (kegemukan).
Banyak juga penghobi burung lovebird menggunakan jagung muda untuk meningkatkan birahi. Tapi perlu diingat, kurangi porsi jagung muda apabila tingkat birahi sudah stabil.  

3. Kangkung

Jika burung lovebird kalian nggan untuk kawin, maka kangkung bisa menjadi solusi untuk menaikan birahinya. Burung lovebird yang diberi pakan kangkung diyakini tingkat birahinya akan normal bahkan stabil.
Kangkung yang digunakan biasaya adalah jenis kangkung darat. Sebab, kangkung darat lebih higienis dibandingkan dengan kangkung air.

4. VITAMIN PENAMBAH BIRAHI

Selain faktor makanan agar lovebird cepat kawin, kalian juga harus memberikan tambahan suplemen atau vitamin untuk menjaga kesahatan lovebird. 
Burung lovebird yang sehat tentunya akan mempengaruhi sistem reproduksinya. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian perlu mempertimbangkan untuk memberi suplemen dan vitamin tambahan.
vitamin dan suplemen lovebird agar cepat kawin
Vitamin Lovebird | shopee.co.id
Ada 3 rekomendasi suplemen/vitamin untuk burung lovebird untuk membantu agar cepat kawin dan bertelur, diantaranya adalah:
  1. VitaSel
  2.  Smart Stamino
  3. OrBird
Setiap merk vitamin memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Karena hal itu, kalian harus lebih cermat sebelum membelinya.

5. SUARA TERAPI KHUSUS

Setelah melakukan semua proses diatas untuk mempercepat proses kawin burung lovebird, langkah yang terakhir harus kalian lakukan adalah dengan memberikan terapi khusus yang berupa suara.
Terapi dengan menggunakan suara ini berfungsi untuk menaikan gairah/birahi burung lovebird. Sudah banyak pembudidaya lovebird melakukan metode ini dan terbukti manjur.
Jenis suara yang digunakan untuk terapi ada dua jenis. Contohnya seperti:
  1. Suara Gemericik Air
  2. Suara Lovebird kawin.
Kedua suara diatas dapat dengan mudah kalian temukan dalam bentuk mp3 digoogle atau youtube. Untuk motode terapinya sendiri, kalian hanya perlu memutar suara terapinya menggunakan ponsel maupun speaker selama 1-2 jam. 
Nah, itu dia cara manjur untuk membuat lovebird birahi dan cepat bertelur. Semoga artikel yang kami berikan ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat serta membantu kalian agar sukses mengawinkan burung lovebird.
BACA JUGA :

Tinggalkan komentar