6 Jenis Pakan Bebek Pedaging Agar Cepat Besar

Beternak bebek, bisa dibilang usaha yang banyak memiliki manfaat. Karena, semua yang terdapat pada tubuh bebek, bisa digunakan untuk berbagai hal tertentu. Mulai dari daging, telur, bulu, bahkan hingga kotorannya sekalipun.

Namun, upaya dalam menghasilkan kualitas tinggi. Bebek pedaging membutuhkan pakan yang dapat membuatnya cepat tumbuh besar, dan juga pakan yang dapat memenuhi semua kebutuhan bebek pedaging.

Nah, jika kalian masih bingung untuk memilih pakan yang baik untuk pertumbuhan bebek pedaging. Disini akan kami rekomendasikan beberapa jenis pakan alternatif bebek pedaging buatan sendiri,

Cara Membuat Pakan Alternatif Bebek Pedaging

6 Jenis Pakan Bebek Pedaging Agar Cepat Besar
6 Jenis Pakan Bebek Pedaging Agar Cepat Besar
Upaya dalam membuat pakan bebek pedaging, adalah suatu cara agar bebek dapat menghasilkan daging yang lebih dari sebelumnya. Pada masa pandemi seperti ini, harga pakan konsentrat bebek pedaging mulai bertambah naik. Sehingga, banyak peternak yang mengalami kerugian biaya.
Maka dari itu, para peternak harus berinisiatif untuk membuat pakan alternatif alami, yang dibuat dengan komposisi bahan-bahan yang baik untuk bebek pedaging.
Nah, berikut penjelasannya.

1. Sorgum

6 Jenis Pakan Bebek Pedaging Agar Cepat Besar
Sorgum | Sumber Kompas.com
Sorgum merupakan tumbuhan multiguna, yang sering dimanfaatkan sebagai bahan pangan, bahan baku industri, dan juga pakan ternak. Untuk pakan ternak, biasanya sorgum ini digunakan untuk, menggemukkan badan hewan ternak.
Dibilang sangat cocok untuk bebek pedaging, karena. Sorgum ini memiliki kandungan yang sangat bagus untuk sumber energi pada bebek pedaging, sehingga, dapat mempercepat pertumbuhannya.

2. Ampas Tahu

6 Jenis Pakan Bebek Pedaging Agar Cepat Besar
Ampas Tahu | Sumber Radarpekalongan.co.id
Ampas tahu merupakan jenis pakan konsentrat bebek pedaging, yang bisa didapatkan dari proses pengolahan kedelai, dan kemungkinan besar para petani, tidak membutuhkan ampasnya tersebut. Jadi, tidak ada salahnya jika kalian memintanya.
Penggunaan ampas tahu ini bagusnya, dikeringkan terlebih dahulu, sampai kadar air turun hingga 15%, dan juga bertujuan agar, tidak terlalu basah pada saat dikonsumsi oleh bebek. Setelah pemberian pakan, pastikan wadah yang digunakan cepat dicuci kembali, supaya tidak bertumbuh jamur.
NB : Cobalah kalian melakukan proses fermentasi ampas tahu, agar dapat bertahan lebih lama.

3. Ampas Tempe

6 Jenis Pakan Bebek Pedaging Agar Cepat Besar
Ampas Tempe | Sumber Dictio.id
Pakan alternatif bebek pedaging selanjutnya adalah ampas tempe. Pakan ini adalah limbah dari hasil pengolahan tempe. Dikarenakan sudah banyak terdapat pabrik tempe di Indonesia, kapasitas ampas tempe ini cukup berlimpah. Sehingga, kalian bisa menjadikannya sebagai bahan pakan utama.
Akan tetapi, pemberian pakan ini hanya bisa dilakukan dengan jumlah terbatas. Karena ampas tempe ini, mengandung kadar serat kasar yang cukup tinggi.

4. Onggok

6 Jenis Pakan Bebek Pedaging Agar Cepat Besar
Onggok | Sumber Dairyfeed.ipb.ac.id
Selain ampas tahu dan tempe, pemberian pakan agar bebek pedaging cepat besar, bisa juga menggunakan onggok. Pakan ini merupakan limbah hasil pengolahan singkong menjadi tepung. Onggok ini sangat berpotensi sebagai sumber energi untuk bebek pedaging. Karena mengandung energi metabilisme yang bersekitar 3440 kkal/kg.
Namun, sama halnya dengan ampas tempe. Pemberian pakan ini harus dibataskan, karena mengandung serat kasar tinggi, yang dapat menyababkan bebek mencret/diare.

5 . Dedak

6 Jenis Pakan Bebek Pedaging Agar Cepat Besar
Dedak | Sumber Pandajaya.co.id
Dedak merupakan pakan yang dihasilkan dari, proses penggilingan padi ataupun jagung kuning. Pakan ini bisa dijadikan sebagai pakan utama bebek pedaging. Karena kandungan zat nutreinnya, mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh bebek.
Namun, terdapatnya senyawa asam fitat, menyababkan dedak ini cukup sulit untuk dicerna, karena senyawa tersebut mampu mengikat mineral dan protein dalam tubuh bebek. 

6. Tepung Bekicot & Keong Emas

6 Jenis Pakan Bebek Pedaging Agar Cepat Besar
Tepung Bekicot | Sumber Docplayer.info
Yang terakhir adalah tepung bekicot atau keong emas.  Jenis pakan konsentrat bebek pedaging ini, mengandung asam amino lisin dan metionin, yang bisa dijadikan sebagai sumber protein untuk pertumbuhan bebek.
Penggunan tepung bekicot mentah dapat memberikan 15% protein, dan jika direbus terlebih dahulu, dapat bertambah menjadi 20% protein yang diberikan.
BACA JUGA :


Berikutlah penjelasan, beberapa nama/jenis makanan bebek pedaging, buatan sendiri, dengan bahan-bahan yang cukup alami.

Tinggalkan komentar