7 Alternatif Pakan Ikan Gurame Supaya Cepat Besar

Pakan Ikan Gurame Supaya Cepat Besar – Gurame merupakan jenis ikan air tawar yang lamban masa pertumbuhannya. Supaya ikan gurame cepat besar, ada beberapa faktor penting yang wajib diperhatikan, salah satunya pemenuhan asupan makanan tinggi protein nabati dan hewani.

Ada banyak sekali alternatif pakan alami maupun pabrikan yang dapat anda berikan biar ikan gurame cepat besar. 
Untuk itu, dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang jenis pakan ikan gurame. Dari jenis pakan nabati, hewani, hingga pabrikan beserta dengan manfaatnya. 
pakan ikan gurame supaya cepat besar
Pakan Ikan Gurame Supaya Cepat Besar

Jenis Pakan Alami Ikan Gurame Agar Cepat Besar

Gurame adalah jenis ikan omnivora atau pemakan tumbuhan maupun daging. Meski begitu, kita selaku pembudidaya tetap harus memperhatikan kandungan nutrisinya yang bertujuan supaya ikan gurame tetap sehat dan cepat besar.
Berikut ini beberapa sumber pakan ikan gurame yang biasa diberikan pembudidaya: 

Pakan Alami Ikan Gurame (Nabati)

pakan alami ikan gurame biar cepat besar
Pakan Nabati

1. Tanaman / Daun-Daunan

Untuk memenuhi protein nabati untuk ikan gurame, anda bisa memberikan pakan yang berupa tumbuhan/dedaunan. Ada beberapa jenis tumbuhan disukai ikan gurame dan bisa pakan alternatif, diantaranya seperti daun sante, kangkung, daun pisang, daun talas, lamtoro dan daun pepaya.
Cara pemberian pakan ikan gurame dari tumbuhan yaitu dengan memotongnya kecil-kecil, atau anda bisa mengolahnya terlebih dahulu seperti difermentasi lalu dijadikan tepung.
Selain, memiliki manfaat yang berupa protein nabati, pakan dari tumbuhan/daun ini juga mudah ditemukan dan harganya pun murah sehingga mampu menghemat biaya pengeluran pakan.

2. Rebusan Jagung

Seperti yang banyak peternak ikan gurame ketahui, jagung rebus mampu mempercepat induk ikan gurame untuk bertelur. Proses pemijihan yang tadinya 45-60 hari bisa dipercepat menjadi 35-30 hari saja.
Proses pemberiannya sendiri yaitu dengan menempatkang jagung rebus pada besek/anyaman bambu, lalu ditenggelamkan sekitar 15cm dari permukaan air kolam. Anda bisa memberikan jagung rebus sebanyak 3-5% dari bobot indukan gurame per harinya.

4. Ampas Tahu

Ampas tahu adalah jenis pakan nabati selanjutnya yang bisa diberikan untuk ikan gurame. Kandungan protein 42% dan kadar lemak 22% yang dimiliki ampas tahu bermanfaat untuk membantu ikan gurame supaya cepat besar.
Selain itu, harga dari ampas tahu sangat terjangkau, dan mampu meminimalisir anggaran anda dalam pemberian pakan ikan gurame.

Pakan Alami Ikan Gurame (Hewani)

pakan ikan gurame agar cepat besar (hewani)
Pakan Hewani

1. Bekicot

Pastinya kalian sudah mengenal apa itu bekicot. Hewan bercangkang dan lengket ini sudah memenuhi syarat untuk dijadikan pakan ikan gurame. Hal ini disebabkan karena bekicot memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti protein, serat kasar, lemak, bahkan kalsium dan fosfor.
Sebelum diberikan ke ikan gurame, bekicot ini diolah dengan cara fermentasi menjadi tepung. Bau amis dari bekicot berguna untuk meningkatkan nafsu makan ikan gurame. 

2. Maggot

Maggot merupakan larva dari lalat Black Soldier Fly yang mempunyai nilai protein yang sangat tinggi yaitu sekitar 45%. Selain itu, larva ini sangat digemari oleh berbagai jenis ikan dan juga sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhannya.
Untuk mengembangbiakan maggot sendiri, anda harus menyiapkan ampas tahu dan ikan teri untuk mengundang lalat BSF. Dalam waktu kurang lebih satu minggu lalat BSF akan bertelur dan maggot pun bisa dipanen. 

3. Udang

Seperti yang sudah kita ketahui, udang adalah hewan laut yang kaya akan nutrisi. Karena hal itu, banyak bermunculan merk pakan ikan yang menggunakan bahan baku dari udang. Kandungan nutrisi udang seperti asam lemak, protein, kalsium, kalium sangat dibutuhkan ikan gurame supaya cepat besar.
Ada bermacam jenis olahan udang yang bisa di jadikan makanan ikan gurame, contohnya seperti udang beku, udang kering, tepung udang dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Meskipun memerlukan proses yang lama, nyatanya pakan dari bahan alami lebih menyehatkan untuk ikan gurame dan membantunya supaya cepat besar. Bahkan, dengan menggunakan pakan alami dapat lebih menghemat biaya pembelian pakan.  

Tinggalkan komentar