Cara Membuat Pakan Ikan Nila dari Daun Talas

Setiap pembudidaya ikan nila pasti menginginkan ikan nila peliharaannya memiliki pertumbuhan yang pesat dan mendapatkan hasil panen yang berlimpah.

Namun, pada saat proses budidaya ikan nila berlangsung, tidak sedikit peternak yang malah mengalami kerugian karena minimnya pengetahuan tentang cara perawatan ikan nila yang benar.

Kerugian terbesar yang biasa dialami oleh pembudidaya ikan nila ini terkait dengan masalah harga pakan yang terus merangkak naik. Sebab itu, peternak nila selalu menyediakan alternatif pakan tambahan dari bahan alami yang tentunya mempunyai harga yang lebih murah.

Pakan alternatif ikan nila ini bisa berupa limbah organik dan juga tumbuhan atau daun daunan. Salah satu pakan organik yang sering digunakan untuk budidaya ikan nila adalah daun talas. Selain dari umbinya yang dimanfaatkan sebagai sumber nabati, bagian daun talas juga bisa digunakan sebagai pakan ikan nila.

cara membuat pakan ikan nila dari daun talas
Pakan Ikan Nila dari Daun Talas

Manfaat Daun Talas untuk Ikan Nila

Bagi sebagian pembudidaya ikan nila, daun talas sudah menjadi pakan alternatif wajib. Daun talas mengandung senyawa yang bermanfaat untuk ikan, seperti flavonoid, saponin dan pelifenol yang terkandung pada bagian tangkal dan daunnya.  
Manfaat dari memberi daun talas sebagai pakan tambahan secara rutin dapat mengatasi masalah sistem pencernaan ikan nila, menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan ikan nila, sampai mencegah penyakit mata dan bisul pada ikan nila.

Cara Membuat Pakan Ikan Nila dari Daun Talas

Untuk cara membuat pakan ikan nila dari daun talas ini sangat mudah sekali. Berikut ini langkah-langkah membuat pakan organik ikan nila dari daun talas:

Bahan-Bahan yang perlu disiapkan :

  • Daun talas (sesuai kebutuhan)
  • Pisau
  • Wadah (baskom, ember, dll)

Langkah Pembuatan :

  1. Pisahkan bagian tangkai dari daun talas.
  2. Tangkai daun talas dipotong berukuran kecil sesuai ukuran ikan nila.
  3. Kumpulkan daun dan tangkai yang telah dipotong kedalam wadah.
  4. Pakan ikan nila dari daun talas sudah siap diberikan.
Itulah informasi tentang manfaat dan cara membuat pakan ikan nila dari daun talas. Bagaimana? sudah tertarik menggunakan daun talas sebagai pakan tambahan budidaya ikan nila kalian. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat untuk ternak ikan nila yang sedang / akan kalian tekuni.

Tinggalkan komentar