Pakan Burayak Ikan Cupang, Selain Kutu Air

Sebelum masuk ke dalam pembahasan. Apakah anda tahu apa itu burayak ikan cupang.?? Burayak adalah istilah yang di berikan pada telur ikan cupang yang baru menetas, atau biasa juga disebut dengan bayi ikan cupang yang memiliki ukuran tententu.
Istilah burayak tidak hanya diberikan kepada bayi ikan cupang saja, melainkan, istilah yang dapat dipakai oleh semua jenis bayi ikan lainnya.
Dengan memiliki ukuran yang kecil, mungkin dapat menyababkan kalian bingung tentang, bagaimana cara memberi makan kepada anak ikan cupang yang baru menetas ini.

Bahan dan Cara Membuat Pakan Burayak Ikan Cupang

pakan burayak cupang selain kutu air
Pakan Burayak Ikan Cupang Selain Kutu Air
Pada dasarnya, burayak ikan cupang ini memiliki berbagai jenis pakan selain kutu air. Dari hal ini lah, banyak para peternak ikan cupang yang melakukan kesalahan pemberian pakan, sehingga, banyak burayak cupang yang mengalami kematian masal.
Mengenai hal tersebut, para peternak harus mengetahui jenis makanan yang cocok untuk ikan cupang yang baru menetas agar memiliki warna yang cantik, dan mengetahui cara merawat burayak agar tetap hidup.
Berikut Penjelasannya..

1. Kuning Telur

kuning telur
Kuning Telur | Sumber Tribunnews.com
Memberi pakan burayak dengan kuning telur, merupakan salah satu cara agar burayak ikan cupang  cepat besar. Karena, kuning telur memiliki kandungan yang kaya akan protein, sehingga dapat dijadikan sebagai makanan utama untuk ikan cupang anakan.
Cara membuatnya pun sangat mudah:
  • Rebus telur dengan air mendidih (Tunggu hingga matang).
  • Ambil kuning telur tadi dan letakkan pada mangkok atau wadah lainnya.
  • Masukan sedikit air (3 Sendok Makan).
  • Hancurkan kuning telur hingga menjadi seperti bubur.
  • Maka kuning telur pun bisa di berikan
Pemberiannya bisa kalian lakukan menggunakan lidi, dengan memasukan kuning telur tadi kedalam akuarium burayak tersebut. Dan bisa kalian berikan 2X dalam sehari, karena jika kebanyakan dapat menyebabkan akuarium kotor dan bisa menjadi benih penyakit pada burayak.

2. Microworm

microworm
Microworm | Sumber Shopee.co.id
Selain kuning telur, ada juga pakan burayak yaitu microworm. Microworm merupakan cacing kecil yang sering di jadikan sebagai pakan utama untuk ikan yang baru menetas. Cacing ini biasa hidup pada media seperti tepung, pasta, ragi, dan juga cuka.
Pasti kalian terherankan bagaimana cara mendapatkan microworm ini. Berikut adalah caranya:
Bahan nya hanya Kentang

  • Belah kentang menjadi dua bagian.
  • Buatlah lubang kecil sekitar 1 cm pada tengah daging kentang.
  • Kubur kentang pada tanah yang memiliki banyak akar (Dibawah Pohon)
  • Biarkan selama 7-10 hari, biarkan kentangnya membusuk.
Jika sudah 7 hari, ambil kembali kentang tadi, jika berhasil, akan terlihat cacing kecil yang bergoyang-goyang, dan apabila gagal. Mendingan beli ajah dah Xixixi.
Apabila telah di pastikan terlihat ada cacing kecil yang bergoyang-goyang, ambil cacing tersebut dengan menggunakan sendok, lalu masukan kedalam kolam aquarium.

3.Udang Rebon

udang rebon
Udang Rebon | Sumber Tokopedia.com
Udang rebon, merupakan udang yang berukuran mungil yang biasa dijual di pasaran. Selain memiliki rasa sedap untuk dimakan, ternyata udang ini memiliki banyak manfaat untuk burayak ikan cupang milik kalian.
Udang rebon yang dimaksud disini merupakan udang rebon yang telah diolah. Jadi, jangan pernah kalian memberikannya dalam keadaan utuh Yaa…!!
Berikut cara membuat pakan ikan cupang dari udang:
  • Rendam udang rebon di dalam air supaya dapat menghilangkan rasa asinnya.
  • Sangrai udang rebon tanpa menggunakan minyak hingga kering.
  • Lalu, haluskan udang rebon hingga dapat masuk kedalam burayak ikan cupang (Di tumbuk/di blender)
  • Pakan pun siap untuk diberikan.
Jika kalian telah mengelolah udang rebon tersebut, kalian harus mengetahui tahap pemberian. 
Sebelum masuk kedalam tahap ini, kalian harus memastikan bahwa burayak cupang kalian dalam keadaan lapar. Supaya tidak ada sisa udang rebon yang membusuk dalam kolam aquarium.

4.Artemia 

artemia
Artemia | Sumber Isw.co.id
Artemia merupakan hewan mungil yang hidup dibawah laut yang lebih sering di kenal sebagai Brine Shrimp. Memiliki ukuran kecil dan kandungan yang kaya akan nutrisi membuat artemia ini sering di jadikan sebagai pakan untuk beragam ikan burayak.
Cara membuat artemia ini biasa dibuat dengan menggunakan kol. Karena, proses pembuatannya dianggap sangat mudah dan praktis. Meskipun, ada saja orang yang membuatnya dengan jenis tumbuhan lainnya.
Berikut proses pembuatan artemia :
  • Siapkan Kol
Jangan gunakan kol yang masih segar. Gunakanlah kol yang akan membusuk, karena kol yang ingin membusuk memudahkan artemia agar lebih cepat muncul. 
  • Masukan kol kedalam wadah yang berisikan air.
  • Kemudian tutup wadah tersebut.
  • Diamkan selama 1/2 minggu.
Perlu diperhatikan bahwa, jangan meletakkan wadah pada tempat yang terkena sinar matahari. Karena, dapat merusak perkembangan artemia itu sendiri.
Jika sudah 1 minggu, kol tersebut akan membusuk dan warna air berubah menjadi hitam. Namun jangan khawatir, itu merupakan proses pengedapan. Yang mana nantinya, kotoran tersebut akan turun kedasar air, dan akan terlihat ribuan artemia yang sedang berdansa-dansa.
Baca Juga:
Yaaa, demikianlah penjelasan dari kami tentang beberapa macam pakan burayak cupang, selain kutu air.
Semoga Bermanfaat..!!

Tinggalkan komentar