Campuran Bahan Alami Untuk Air Minum Yg Baik Untuk Kambing

Sebagai seorang peternak kambing, proses pengelolahan suatu pakan dan minum untuk hewan ternak, adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan, pemeberian pakan dan minum yang kurang baik, akan berpengaruh terhadap kesehatan kambing, dan juga tingkat nafsu makannya.

Pada umumnya, pakan dan minum yang baik untuk kambing adalah. Pakan yang memiliki kandungan gizi, yang dapat melengkapi kebutuhan hewan ternak, dan dapat menjaga imunitas tubuhnya.

Maka dari itu, kalian harus memahami betul, cara pengelolahan pakan dan minum yg baik untuk kambing. Nah, disini kami akan beritahu, apa saja sih campuran bahan alami untuk air minum kambing.

Berikut bahan dan cara membuatnya..!!

Bahan dan Cara Untuk Membuat Minuman Untuk Kambing

Campuran Bahan Alami Untuk Air Minum Yg Baik Untuk Kambing
Campuran Bahan Alami Untuk Air Minum Yg Baik Untuk Kambing

I. Bahan-bahan

1. Molase

Molase adalah tetes gula tebu yang bisa didapatkan dari proses pengelolahan gula tebu. Molase ini sudah sering digunakan oleh sebagian besar peternak untuk dicampurakan kepada air minum hewan ternaknya.
Manfaat dan kegunaan tetes tebu untuk kambing ini, tidak diragukan lagi. Bahkan sudah banyak para peternak yang menjadikannya sebagai, obat kambing yang tidak mau makan.
NB : Proses pengelolahan molase cukup sulit. Jadi, kami sarankan, lebih baik beli saja. Karena, molase sudah banyak dijual di berbagai toko online.

2. Garam

Bahan yang kedua adalah garam. Garam merupakan bahan alami, yang mengandung zat yodium yang bagus untuk kebutuhan mineral pada kambing.
Selain itu, zat yodium pada garam juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit pada hewan ternak. Salah satunya, dapat mencegah penyakit kaki busuk, atau penyakit yang menyebabkan kelumpuhan.

II. Langkah Pembuatan

Warning : Perhatikan dengan baik. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Siapkan wadah berukuran besar (Ember / Baskom)
  • Masukan molase (tetes tebu) kedalam wadah (Takaran disesuaikan dengan ukuran wadah)
  • Selanjutnya,  masukan garam juga kedalam wadah (Takaran disesuaikan ukuran wadah)
  • Lalu, isikan wadah dengan air dengan kapasitas penuh.
  • Aduk-aduk, hingga semua bahan dapat tercampur.
  • Dan minuman kambing pun siap untuk diberikan.
BACA JUGA : 

Nah, seperti itulah cara pembuatan air minum yg baik untuk kambing. dengan campuran bahan-bahan alami, dan dapat dijadikan sebagai obat ampuh untuk kambing, agar rakus makan.

Tinggalkan komentar