Cara Membuat Pakan Entok Supaya Cepat Bertelur

Seorang peternak entok, sudah pasti menginginkan usaha ternaknya dapat berjalan dengan baik. Sehingga pada akhirnya, mereka akan berusaha keras, untuk meningkatkan produksi dan kualitas telur, agar penjualannya semakin sempurna, dan mendapatkan keuntungan yang lebih.

Dan selain harga jual telur menaik, upaya dalam peningkatan kualitas telur juga, dapat bermanfaat untuk hasil anakan entok yang akan ditetaskan nantinya. Karena perlu kalian ketahui, bahwasannya penjualan DOE (Anakan entok usia 0-1 Minggu), merupakan salah satu sumber penghasilan dalam beternak entok.

Dan salah satu faktor yang terkait dalam hal ini adalah, pemberian pakan yang baik, agar entok dapat cepat dan banyak menghasilkan telur. Karena memang penyebab induk entok tidak mau mengerami telurnya, atau berhenti bertelur, adalah dari kesalahan pakan, ataupun kurangnya pemberian pakan.

Nah maka dari itu, disini akan berikan tips dan cara membuat pakan fermentasi entok buatan sendiri. Tujuannya, agar entok lebih cepat dalam bertelur, dan juga meningkatkan kualitas telur serta jumlahnya.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Entok Yang Baru Menetas Agar Sehat

Bahan dan Langkah Pembuatan Pakan Fermentasi Entok

Cara Membuat Pakan Entok Supaya Cepat Bertelur
Cara Membuat Pakan Entok Supaya Cepat Bertelur
Sebelum masuk ke pembahasan, mungkin disini ada yang belum tahu, apa itu pakan fermentasi..?? Pakan fermentasi adalah pakan ternak, yang dibuat dengan komposisi bahan – bahan alami, yang bertujuan untuk, menciptakan pakan entok alami, yang memiliki kandungan protein tinggi.
Biaya yang dikeluarkan juga cukup murah, dan khasiatnya pun bisa terjamin manjur, ketimbang kalian membeli pakan ternak kemasan bermerk. Oleh sebab itu, kami sangat merekomendasikan sekali kepada kalian, agar menerapkan sistem ini.
Nah, dari pada kita banyak ngomong, mending kita langsung saja masuk kedalam pembahasan. 

I. Bahan

  1. Jagung yang sudah digiling
  2. Ampas tahu
  3. Dedak atau bakatul
  4. Tepung bekicot / keong emas
  5. Pribiotik

II. Langkah – Langkah

  1. Langkah pertama, siapkan wadah untuk pakan yang hendak difermentasikan.
  2. Lalu, campurkan seluruh bahan kedalam wadah, dan aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya, tuangkan pribiotik pada pakan, sebanyak 200ml.
  4. Jika sudah, aduk kembali pakan, agar benar-benar tercampur.
  5. Setelah dipastikan bahwa pakan sudah tercampur rata, tutup wadah dan diamkan selama 12 jam.
  6. Jika sudah di diamkan, coba kalian cek terlebih dahulu, jika pakan mengeluarkan hawa panas, maka pakan fermentasi sudah siap untuk diberikan pada entok. 
NB : Tekstur pakan fermentasi yang baik itu, tidak kering dan juga tidak terlalu basah. Atau lebih jelasnya, pakan akan terasa basah ketika disentuh, namun tidak mengeluarkan air saat di peras.
BACA JUGA
Nah, mungkin seperti itulah bahan dan langkah yang perlu kalian ketahui, dalam proses pembuatan pakan fermentasi entok. Semoga artikel kami dapat bermanfaat untuk kalian, yang masih kesulitan dalam beternak entok.
Mari kita tutup saja perjumpaan kita kali ini, dengan mengucapkan. Alhamdulillah..!!

Table of Contents

Tinggalkan komentar