Cara Membuat Vaksin Ayam Tradisional dengan Mudah

Bagi Anda yang hendak menggeluti usaha ternak ayam, mempelajari cara perawatannya dan cara mengantisipasi resiko kegagalan adalah sebuah kewajiban.
Ancaman paling serius pada bisnis ternak ayam adalah penyakit. Hal itu karena ayam merupakan hewan yang cukup jorok, maka penyakit dapat dengan mudah menyerang ayam kapan saja.
Ayam yang terserang penyakit tingkat produktifitasnya tentu akan menurun hingga mengalami kematian. kedua resiko tersebut adalah faktor utama kegagalan usaha ternak ayam.
Untuk itu kita perlu memberikan perawatan yang tepat agar kekebalan tubuh ayam dapat terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.
Untuk menjaga kesehatan ayam dari penyakit, maka pemberian vaskin merupakan proses yang dibutuhkan. Lalu apa kegunaan vaskin untuk ayam?
cara membuat vaksin ayam tradisional
Cara Membuat Vaksin Ayam Tradisional

Kegunaan Vaksin untuk Ayam

Vaksin adalah zat atau senyawa yang memiliki fungsi membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit. Proses vaksinasi akan membuat antibodi pada tubuh ayam yang melindunginya dari berbagai macam penyakit berbahaya.
Banyak orang beranggapan, vaksinasi hanya bisa dibuat dari bahan kimia saja. Tetapi sebenarnya kita juga bisa membuat vaksin alami sendiri dengan menggunakan bahan-bahan tradisional.
Dengan membuat ramuan/jamu dari bahan tradisional, Anda bisa menggunakannya sebagai vaksin atau obat alami untuk ayam peliharaan.
Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang cara membuat vaksin tradisional untuk ayam. Untuk itu, baca penjelasan berikut sampai selesai.

Cara Membuat Vaksin Ayam Tradisional

1. Bahan-Bahan

  • Kunyit berguna sebagai anti bakteri dan anti septik
  • Daun Sirih berguna sebagai anti septik tambahan
  • Bawang Putih berguna sebagai anti biotik
  • Daun Kelor berguna sebagai multivitamin dan mineral
  • Madu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh

2. Cara Pembuatan Vasksin Ayam

  1. Pertama-tama siapkan bahan berikut: 1 ruas kunyit; 1 tangkai daun sirih; 1 siung bawang putih; 3 sendok teh madu; 1 lembar daun kelor.
  2. Campurkan kunyit, daun sirih, bawang putih dan daun kelor, lalu haluskan menggunakan blender.
  3. Tambahkan madu, aduk hingga tercampur rata.
  4. Bentuk butiran kecil, sesuaikan dengan mulut ayam agar mudah ditelan.
  5. Jemur di bawah sinar matahari.
  6. Simpan di tempat kedap udara agar tahan lama.

3. Cara Pemberian Vasksin Alami untuk Ayam

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, berikan ramuan vaksin tradisional ini seminggu dua kali. Proses pemberian jamu/vaksin usahakan pada sore hari setelah ayam diberi pakan. Dengan begitu, ayam peliharaan Anda lebih tahan dari berbagai macam penyakit.
Cukup sekian informasi tentang cara membuat vaksin tradisional untuk ayam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Tinggalkan komentar