5 Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina

Di Indonesia, memelihara hamster adalah salah satu hobi yang ketenarannya, hampir meluas ke setiap daerah. Bahkan kegiatan ini, sudah banyak dilakukan oleh para remaja, hingga orang dewasa. Ketenaran ini, tentunya disebabkan oleh karakter hamster yang imut dan menggemaskan, walaupun tidak sedikit orang yang masih merasa geli, karena mengira hamster itu mirip seperti tikus.

Dan memelihara hamster, sebenarnya tidak hanya soal perawatan, kandang, dan juga makanan. Akan tetapi, kalian juga harus mengetahui bagaimana cara membedakan hamster jantan dan betina. Sebab masih banyak orang yang tidak mengetahui apa perbedaan diantaran keduanya.

Mungkin hal ini dapat menjadi salah satu faktor terpenting dalam memelihara hamster. Karena dengan kalian memahami perbedaan antara jantan dan betina, tentu akan membantu untuk mempermudah proses perkawinan, atau perawatan hamster lainnya.

Perbedaan Hamster Jantan dan Betina

Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina
Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina

Sebelum masuk pada pembahasan utama, kami hanya ingin menyampaikan bahwa, perbedaan hamter jantan dan betina, dapat terlihat jika mereka sudah menginjak umur 2-3 bulan. Dan penjelasan yang kami berikan juga, berlaku bagi setiap jenis hamster, mulai dari lokal, syrian, dwarf, ataupun jenis lainnya.
Berikut Penjelasannya..

1. Kelamin

Perbedaan pertama tentunya adalah alat kelamin. Cara membedakan hamster jantan dan betina dari alat kelamin, bisa kalian lihat dari jarak antara anus dan alat kelaminnya tersebut. Alat kelamin jantan, memiliki jarak cukup jauh dari anusnya.
Sedangkan alat kelamin betina, cendrung lebih dekat, bahkan hampir tidak mempunyai jarak sedikitpun.

2. Kelenjar Bau 

Kelenjar bau merupakan bagian tubuh hamster, yang digunakan sebagai petunjuk tempat yang dikuasainya. Dengan kelenjar bau, kalian juga bisa mengetahui perbedaan antara hamster jantan dan betina.
Hamster jantan, memiliki kelenjar bau dengan ukuran yang cukup besar, dan terkadang warnanya berubah menjadi kuning dan berminyak. Dan untuk hamster betina, banyak orang yang bilang memiliki juga, tapi tidak sebesar yang dimiliki jantan.

3. Puting Susu

Puting susu, adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh para peternak hamster untuk membedakan jantan dan betina. Tentunya kita sudah mengetahui bahwa hamster betina, mempunyai 4 sampai 6 puting susu pada bagian perutnya.
Sedangkan hamster jantan, tidak memiliki satu pun puting susu. Namun beberapa orang berpendapat, bahwasannya ada tapi tidak menonjol seperti hamster betina.

4. Dubur (Pantat)

Cara selanjutnya adalah membedakan dengan bentuk dubur. Dubur hamster jantan cenderung lebih panjang dan mebulat. Berbeda dengan betina, dubur betina justru lebih kecil, dan mempunyai ekor yang cukup panjang. 

5. Karakter atau Perilaku

Selain dapat dibedakan dengan bentuk tubuhnya. Kalian juga bisa membedakan hamster jantan dan betina, dengan cara mengetahui perbedaan tingkah atau perilakunya.
Pada umumnya, hamster jantan memiliki sifat yang lebih lincah dan agresif dibandingkan betina. Sedangkan hamster betina, cenderung lebih kalem dan lamban.
Baca Juga :
Nah mungkin seperti itulah penjelasan mengenai beberapa cara untuk membedakan hamster jantan dan betina. Cukup mudah bukan….!!!

Tinggalkan komentar