Tips Cendet Anakan Biar Cepat Bunyi dan Gacor

Mungkin diantara kita sudah kenal dengan jenis burung cendet, atau biasa disebut juga dengan pentet dan toet. Burung cendet terkenal dengan kemampuannya yang dapat meniru kicauan burung lain. Sebab itu, banyak penghobi burung kicau memelihara cendet untuk di ikut sertakan dalam perlombaan.

Untuk cendet yang layak diikut sertakan dalam perlombaan, haruslah burung yang sehat dan juga memiliki suara gacor. Untuk pemula biasanya akan membeli burung cendet dewasa yang sudah jadi untuk dikompetisikan. Namun, para penghobi cendet tak jarang pula yang memeliharanya sedari anakan/trotolan.
perawatan cendet anakan biar cepat bunyi
Cara Merawat Anakan Cendet Trotol
Nah, apakah kalian tau cara perawatan burung pentet/cendet sejak anakan trotol? Untuk menghasilkan anakan cendet yang berkualias, sehat dan tidak mudah mati, ada beberapa hal penting yang perlu kalian perhatikan, contohnya pola makan, kebersihan kandang, latihan dan pemasteran. 
Berikut ini Beternak Dirumah akan memberikan pejelasan lengkap tentang perawatan anakan cendet biar cepat bunyi dan gacor.

Tips Merawat Burung Cendet Anakan biar Cepat Bunyi Gacor

Jadi, dibawah ini telah kami rangkum beberapa perawatan penting untuk membuat burung cendet/pentet anakan menjadi cepat bunyi gacor dan tidak miyik.

1. Memberi Anakan Cendet Makanan Berprotein

Cara pertama untuk membuat anakan cendet menjadi bekalan berkualitas adalah dengan memberikan pola makanan yang tepat. Salah satu pakan untuk cendet yang berkualitas merupakan makanan yang mengandung protein tinggi.
Kalian bisa memberi makanan berupa jangkrik, belalang atau ulat kandang. Sebab, hewan tersebut adalah pakan alami dari burung cendet dan juga mengandung tinggi protein. Dengan begitu fungsi dari protein ini membantu pertumbuhan anakan cendet biar cepat besar dan sehat.

2. Meberikan Vitamin Tambahan

Jika kalian telah memberikan pakan protein tinggi, selanjutnya kalian juga bisa memberi vitamin atau suplemen tambahan untuk anakan cendet. Dengan pemberian multivitamin kepada anakan cendet ini berguna untuk menjaga burung anda agar tetap bugar dan sehat. Kalian hanya cukup berikan vitamin tambahan sebanyak tiga kali seminggu untuk melengkapi nutrisi anakan cendet. 

3. Menjaga Kebersihan Kandang Secara Rutin

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam merawat anakan cendet bekalan adalah dengan cara menjaga kebersihan kandang/sangkar secara rutin. Untuk menghasilkan bekalan cendet yang gacor, tak melulu tentang proses pemberian pakannya saja, karena kebersihan kandang juga menjadi foktor penting keberhasilan dalam melatih anakan cendet.
Cukup bersihkan kandang dan tempat pakan dan minum minimal tiga hari sekali. Jika kandang selalu terjaga kebersihannya, anakan cendet trotol akan lebih merasa nyaman dan terhindar dari beragam macam penyakit.

4. Pelatihan Mental Anakan Cendet agar Jinak

Cendet merupakan jenis burung yang mempunyai mental yang bagus dan tidak miyik. Cendet juga dikenal sebagai burung predator bermental kuat. Jika cendet kalian memiliki mental yang lemah, biasanya akan malas berkicau, nagen, miyik dan sering salto. Hal ini sangat tidak baik untuk cendet didalam suatu kompetisi.
Untuk itu, jangan biasakan anakan cendet diberi pemasteran dengan suara yang pelan dan lembut melainkan suara yang keras dan tajam. Hal ini bertujuan agar anakan cendet ketika dewasa nanti bermental kuat sesuai dengan karakter aslinya.

5. Peletakan Sangkar Anakan Cendet yang Tepat

Saat memasterkan anakan cendet, sebaiknya letakan sangkar/kandang ditempat yang tenang dan nyaman. Umumnya saat proses pemasteran tutup sangkar dengan kerodong agar cendet trotol akan lebih fokus dan merekam suara dari masterannya tersebut.

BACA JUGA : MANFAAT VOER MERK TOPSONG UNTUK CENDET

6. Jangan Terlalu Sering Memandikan Anakan Cendet

Sejatinya, burung cendet tidak perlu sering dimandikan. Sebab, jika anakan burung cendet rutin dimandikan bisa membuat bulu-bulunya semakin kuat. Memiliki bulu yang kuat untuk anakan cendet tidak lah bagus, sebab hal ini bisa menghambat proses bergantinya bulu muda ke dewasa.
Tak hanya itu, anakan cendet yang rutin dimandikan dapat menjadi masalah pada saat pengoptimalan pita suara dari cendet bekalan itu sendiri. Untuk anakan cendet usia dua minggu keatas, kalian cukup memandikannya sekali dalam sehari.

7. Jangan Menjemur Anakan Cendet Terlalu Lama

Selain tidak harus sering dimandikan, cendet anakan juga tidak boleh dijembur terlalu lama layaknya cendet dewasa. Apabila kalian terlalu lama menjemurnya, bisa mengakibatkan bulu-bulu cendet mudah jadi rusak. Kalian cukup menjemurnya pada pagi hari selama 30 menit disaat sinar matahari belum terlalu panas.
Berbeda halnya dengan cendet yang telah mencapai usia diatas 2 bulan, kalian dapat menjemurnya lebih lama. Karena cendet dewasa membutuhkan sinar matahari lebih banyak untuk memaksimalkan pita suaranya agar lebih ngeplong. Manfaat lain dari penjemuran anakan cendet adalah untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan agar anakan cendet dapat cepat besar dan sehat.

8. Pelatihan Pemasteran Anakan Cendet Secara Rutin

Langkah terakhir untuk perawatan anakan burung cendet yaitu dengan melakukan pemasteran sejak dini. Pemasteran merupakan faktor penting yang akan dirasakan ketika cendet kalian sudah mulai berbunyi/berkicau.
Oleh sebab itu, lakukan pemasteran pada anakan cendet sedari dini. Sebab, burung cendet anakan atau bekalan akan lebih mudah dan cepat mengingat suara yang terdengar olehnya. kalian bisa memasterkannya dengan jenis burung seperti lovebird, ciblek, kenari dan lain-lain. Lakukan pemasteran pada ruangan yang tenang dengan jarak kandang cendet muda dan pemasterannya sekitar 2 meter.
Nah, itu dia tips merawat anakan cendet biar cepat bunyi dan sehat. Perawatan untuk anakan cendet haruslah kalian lakukan dengan telaten dan penuh kesabaran. Dijamin, jika usianya mencapai 5 bulan keatas, cendet muda akan mulai mengeluarkan kicauannya dan tidak miyik lagi. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar