5 Jenis Daun-Daunan Untuk Pakan Entok

Memilih pakan entok yang berkualitas, merupakan salah satu perkara yang dapat berpengaruh terhadap kelanjutan hidup entok. Karena, pakan yang sembarangan, dapat membuat entok sangat mudah untuk terjangkit penyakit dan sangat rentan dengan kematian.

Namun belakangan ini, harga pakan entok semakin hari, bertambah naik. Sedangkan, penghasilan para peternak pemula, belum seberapa. Hal seperti ini lah yang sering sekali dicemaskan. Karena, mereka khawatir, terhadap pakan murah yang mereka beli akan mendatangkan virus untuk hewan ternak lainnya.

Nah, dalam persoalan seperti ini lah, para peneliti teknologi pengolahan pakan harus mencari pakan alternatif alami untuk entok, yang bertujuan untuk menghilangkan rasa cemas peternak dan juga dapat mengurangi biaya produksinya.

daun-daunan untuk pakan entok
5 Jenis Daun-Daunan Untuk Pakan Entok

Jenis Dan Manfaat Daun-Daunan Untuk Pakan Entok

Setelah sekian lama, para peneliti pun menemukan beberapa daun-daunan yang dapat difermentasikan untuk dijadikan sebagai pakan entok organik, yang mengandung banyak khasiat. Nah, berikut penjelasan serta manfaatnya.

1. Eceng Gondok

eceng gondok
Eceng Gondok | Sumber Amongguru.com
Hingga saat ini, sudah banyak para peneliti yang mengamati tentang khasiat eceng gondok untuk pakan alternatif entok. Mereka berpendapat bahwa, daun eceng gondok ini dapat bermanfaat bagi sistem reproduksi entok untuk menghasilkan telur yang memiliki protein tinggi.
Penggunaan eceng gondok untuk pakan entok ini, sering diterapkan oleh para peternak untuk entok yang sudah berusia dari 36-60 hari, dan biasanya dibuat dengan campuran, ampas tahu, nasi aking, bakatul, dan juga menir.

2. Kangkung

kangkung
Kangkung | Sumber Merdeka.com
Pada awalnya, fermentasi pakan entok menggunakan kangkung ini banyak diragukan oleh para peternak. Karena, kangkung ini memiliki kadar serat yang cukup tinggi, sedangkan keahlian entok untuk mencerna makanannya tidak setangkas domba dan kambing. Mereka juga khawatir jika pemberian kangkung terlalu banyak, akan membuat produksi telur menurun.
Seiring berjalannya penelitian, ternyata memang benar. Pemberian kangkung terlalu banyak akan mendatangkan dampak negatif. Maknanya, pemberian pakan ini tetap di bolehkan. Namun, dengan kadar yang lebih sedikit. Tenang saja, pemberian ini tidak akan membuat entok kekurangan asupan dan juga tidak berpengaruh tidak terhadap kualitas telur.

3. Daun Singkong

daun singkong
Daun Singkong | Sumber Dream.co.id
jenis daun-daunan untuk pakan entok selanjutnya adalah daun singkong. Daun singkong merupakan tumbuhan yang mengadung protein yang lumayan tinggi. Sehingga, banyak peternak yang menjadikannya sebagai pakan alternatif untuk entok.
Namun, para peneiliti membolehkan pakan ini dikonsumsi oleh entok, dengan tahap fermentasi dengan em4 terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, daun singkong mengandung asam sianida yang dapat menyebabkan hewan ternak keracunan, bahkan kematian.

4. Daun Pepaya

daun pepaya
Daun Pepaya | Sumber Id.Wikipedia.org

Daun pepaya yang sering dikenal sebagai obat pada gangguan pencernaan manusia ini, ternyata memiliki seribu manfaat untuk hewan ternak, termasuk entok. Selain itu, daun pepaya juga mempunyai beberapa sifat penyembuhan, diantaranya, mencegah pembentukan kantarak, mengurangi peradangan, dan masih banyak lagi.
Pakan hijauan untuk entok ini juga memiliki potensi anti parasit, yang berguna untuk meningkatkan berat badan entok. Potensi ini dapat meningkatkan berat badan sekitar 40% lebih, jika dibandingkan dengan entok lainnya.

5. Gedebog Pisang

gedebog pisang
Gedebog Pisang | Sumber Indozone.id
Gebegog Pisang.? tentu terdengar sangat aneh. Namun, setalah dilakukan penelitian, memang benar bahwa pakan fermentasi gedebog pisang untuk entok sangat bermanfaat. Sudah banyak para peternak yang menerapkan teknik ini, dan sukses mendapatkan hasil yang memuaskan.
Namun, ada juga orang yang berpendapat bahwa, pakan alternatif entok ini dapat berbahaya untuk kesehatan. Entok dapat mengalami mencret, cacingan, tidak bisa berdiri (Lemas), bahkan kematian. Nah, supaya tidak terjadi peristiwa seperti berikut. Alangkah baiknya kalian mencari tahu apa penyebab terjadinya hal tersebut, sebelum mencoba pemberian pakan altenatif gedebog pisang ini.
Baca Juga:


Yaaaww. Berikutlah penjelasan kami dalam judul beberapa jenis daun-daunan yang dapat dijadikan sebagai pakan alternatif untuk entok.
Semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi kalian untuk berusaha membuat pakan entok alami sendiri, dan dapat menjadi peternak entok unggulan.

Tinggalkan komentar