7 Ciri ciri Burung Merpati Tinggian Stut Kencang

Beberapa bulan yang lalu, kami pernah membahas penjelasan mengenai bagaimana cara melatih merpati agar stut kencang. Hal ini tentunya sangat penting sekali bagi merpati yang sering mengikuti ajang perlombaan, ataupun bisnis ternak agar merpati mendapat harga yang tinggi.

Namun biasanya, tidak banyak para peternak yang ingin melatih merpati agar memiliki stut kencang, sebab beberapa peternak yang memiliki modal besar, lebih memilih untuk membeli merpati dari peternak lain yang memang sudah dilatih hingga memiliki kualitas tinggi.

Baca Juga : 4 Cara Meningkatkan Stamina Merpati Tinggian / Kolong

7 Ciri ciri Burung Merpati Tinggian Stut Kencang
Ciri ciri Burung Merpati Tinggian Stut Kencang

Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah selagi kalian tahu ciri ciri merpati yang berkualitas atau memiliki stut kencang. Sebab jika tidak, para peternak yang menjual bisa saja menipu kalian, sehingga mengakibatkan kerugian besar.

Dan cara mengetahui ciri ciri merpati tinggian stut kencang, dapat dilakukan dengan memahami berbagai bagian tubuh dari merpati, mulai dari mata, sayap, hingga kaki. Mau tahu bagaimana cara melakukannya..? Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Cara Memilih Burung Merpati Pos Yang Baik dan Asli

Ciri ciri Merpati Tinggian Stut Kencang

1. Mata

Ciri ciri merpati tinggian stut kencang yang pertama, dapat dilihat dari bagian mata. Dan dalam hal ini, kalian perlu memastikan bahwa bola mata burung merpati dapat menanggap sinar matahari dengan cepat.

Karena merpati tinggian yang memiliki stut kencang, biasanya bola matanya akan langsung menjadi kecil jika terkena sinar matahari, dan akan kembali normal jika tidak sudah dijauhkan dari sinar matahari.

Baca Juga : Manfaat Gula Merah Untuk Burung Merpati

2. Bulu

Ciri selanjutnya, terdapat pada bagian bulu. Merpati tinggian yang berkualitas atau memiliki stut kencang, biasanya mempunyai bulu yang mengkilap apabila terpapar sinar matahari.

Dan untuk jenis bulu yang basah atau tidak, itu sebenarnya tidak berpengaruh. Karena hal ini tidakĀ  dipercayai sebagai menjadi faktor penentu kemenangan merpati dalam ajang perlombaan

3. Postur Tubuh

Postur tubuh, dianggap oleh beberapa peternak sebagai ciri merpati tinggian yang sangat berpengaruh terhadap ketinggian merpati saat terbang di udara. Dan bentuk yang bagus bagi merpati tinggian, adalah berbentuk seperti jantung pisang, atau istilah njantung yang biasa disebut oleh para peternak.

Dan selain itu, saat digenggam tubuh merpati akan menjadi terasa lentur, sehingga enak di genggaman tangan.

Baca Juga : Cara Membuat Makanan Merpati Biar Cepat Gemuk

4. Bentuk Kepala

Nah, selain postur tubuh, kalian juga dapat mengetahui ciri ciri merpati tinggian stut kencang, dengan memperhatikan bentuk kepala. Perlu kalian ketahui, bahwa merpati yang memiliki kepala besar dan batok kepala depan lebih tinggi dari bagian belakang, dipercayai oleh para peternak cenderung lebih cerdas dari merpati yang memiliki kepala berukuran kecil.

Karena merpati tinggian yang mempunyai bentuk kepala seperti tersebut, dianggap lebih pintar dalam faktor menukik, naik, atapun turun.

5. Sayap

Ciri ciri merpati tinggian stut kencang selanjutnya, dapat dilihat dari kedua sayap. Seperti yang kita ketahui, sayap merupakan bagian tubuh utama burung yang digunakan untuk terbang. Jadi bentuk sayap tentu harus kalian perhatikan, karena berpengaruh pada kinerja burung merpati.

Dan dalam hal ini, pertama kalian harus memastikan bahwa merpati memiliki bulu yang tebal, rapat, lebar, serta tulang bulu yang kuat dan tidak kaku. Setelah itu, pastikan 4 lar sayap paling luar menonjol dari lar lainnya, dan juga memiliki ujung yang membuat atau tidak lancip.

Baca Juga : Cara Melatih Merpati Agar Terbang Tinggi dan Cepat

6. Kaki

Selanjutnya adalah bagian kaki. Merpati tinggian yang berkualitas, pada umumnya memiliki bentuk kaki yang panjang dan mbesik.

Dan ada peternak yang mengatakan, bahwa merpati yang mendorong kakinya kebelakang saat dipegang dan menjajarkannya dengan ekor, adalah salah satu ciri merpati tinggian yang memiliki stut kencang.

7. Paruh

Yang terakhir adalah bentuk paruh. Terdapat beberapa peternak yang berpendapat, bahwa merpati tinggian yang memiliki paruh yang lancip dan ukuran yang sedang, adalah salah satu ciri ciri merpati tinggian yang memiliki kualitas kinerja yang baik.

Namun hal ini masih tidak dianggap serius oleh beberapa peternak lainnya, sebab mereka menganggap paruh ini tidak ada kaitannya dengan masalah kemampuan terbang burung merpati.

Baca Juga :

Jamu dan Obat Alami Merpati Agar Cepat Giring Keras

Cara Membuat Jamu Pil Edan Untuk Merpati Balap

5 Manfaat Jahe Untuk Burung Merpati

Nah, mungkin seperti itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai ciri ciri burung merpati tinggian stut kencang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Tinggalkan komentar